BAB 10
Hambatan-
sebuah strategi yang berguna (Barrie G James)
Strategi
menyerang digunakan untuk memperoleh saham pasar dan strategi bertahan untuk
melindungi daerah pasar. Tetapi hambatan dalam pendekatan langsung adalah akhir
strategi bisnis. Hambatan membuka kesempatan perusahaan-perusahaan untuk
memenangkan konflik dalam pasar tanpa membatasi pertarungan langsung dengan
pesaing.
Strategi
militer menarik perhatian pertumbuhan manajemen karena hal itu sesuai dengan
kondisi pasar masa kini. Barangkali, tidak ada waktu yang baru-baru ini berlalu
bagi bisnis bersaing, untuk menempatkan pentingnya usaha mempertahankan diri
dan pertumbuhan dibawah kesulitan. Kenyataannya, bisnis sekarang ini
berlandaskan pada suatu peperangan. Dalam menurunnya pasar-pasar, keberhasilan
bisnis tergantung pada ketidakhadiran dan menarik diri secara baik atau dengan
menemukan cara baru untuk menang. Dalam keadaan statis atau pertumbuhan pasar
yang rendah keberhasilan tergantung pada menarik saham dari pesaing dan
melindungi saham yang ada dari agrisi bersaing. Dalam pertumbuhan pasar yang
tinggi, perusahaan-perusahaan dihadapkan dengan kebutuhan untuk mempertahankan
suatu saham dalam pasar dalam menhadapi lawan yang kuat dari pesaing yang
jumlahnya tidak terhitung, semuanya ingin berusaha saling mematahkan
pertumbuhan satu sama lain.
Sementara
itu, strategi menyerang dan bertahan yang dilaksanakan secara meluas dalam
bisnis, satu dari strategi militer hambatan, cara pendekatan tidak
langsungsecara meluas diabaikan oleh manajemen dan para ahli strategi. Namun,
jika dirancang dan dilaksanakan , secara tepat strategi-strategi hambatan itu
memungkinkan untuk memperoleh hasil tertinggi. Mereka dapat menghindari
perlawanan sumber-sumber yang mahal dengan pesaing-pesaing dam pasar dan mempersiapkan
keamanan, kedaulatandan kekuatan perusahaan.
Sebuah
contoh yang sangat baik dari sejarah militer baru-baru ini adalah strategi
hambatan yang dilancarkan israilterhadap yordania. Kelanjutan dari perang
Arab-Israil pada tahun 1967, bangsa israi telah berhasil membujuk yordania
untuk menghindarkan konfrontasi militer. Dengan membangun ketangguhanudara dan
darat, bangsa israil telah diperbuat sedemikian rupa sehingga resiko aksi
milter lebih berharga dari keuntungan-keuntungan.
APAKAH
YANG DIMAKSUD DENGAN HAMBATAN?
Hambatan adalah suatu
strategi untuk mencegah konflik dengan mebujuk pesaing yang rasional dimana
anda ingin dan mampu memberi pukulan dengan pernyataan jelas dengan keinginan
yang dapat dimengerti. Hambatan adalah suatu strategi untuk suatu perdamaian
yang dapat disetujui daripada suatu perang. Hal itu tergantung dari lebih
banyaknya intuisi dan emosi daripada logika. Karena hal ini berarti mengajak
seorang pesaing untuk bekerja sama dengan cara membatasi diri suka rela.
Hambatan adalah suatu usaha untuk memenangkan pertarungan dalam pikiran pesaing
melalui serangan yang bersifat tekanan psikologis dari pada serangan yang
bersifat fisik.
Konflik pasar terjadi bila
suatu perusahaan mengantisipasi bahwa resiko adalah rendah hubungannya untuk
mendapat keuntungan dari suatu agresi yang direncanakan atau dari suatu aksi
yang bersifat sementara. Suatu strategi hambatan yang efektif harus mematahkan
semangat serangan dalam semua bentuk. Hal itu harus berhunbungan secara efektif
dengan serangan-serangan langsung, aksi menghasut yang ekstrim, dan petulangan
yang agresif oleh pesaing.
·
Serangan
langsung. Anstisipasi Chaesebrough-Pond dengan tepat bahwa, dengan
melonyarkan suatu produk ke dalam suatu pasar yang kecil artinya untuk
perusahaan yang besar, hal itu bisa mencapai hasil luar biasa. Peluncuran Rave
dari Chasebrough-Pond, dengan harga 40 juta dolar AS, pasar untuk rumah
permanen, pasar mendominasi pertengahan tahun 1970 oleh Toni Rave dan Gillett,
suatu produk superior tanpa amoniak dan bau, didukung sedikit, tetapi dengan
program pemasaran yang terampil. Pasar meningkat menjadi $100 juta dalam tahun
1980, dan Rave mengambil alih pemegang merek utama dari Toni.
·
Aksi
menghasut dengan ekstrim. Suatu aksi menghasut yang ekstrim adalah
pemasukan Duracellke pasar baterai di UK, sebuah pasar yang didominasi oleh
Eveready dengan saham sebasar 80%.
Duracell berspekulasi dengan
tepat bahwa Everady akan lebih menekankan kekuatan tradisionalnya dengan
menurunkan unsur-unsur zink karbon dari segmen baterai yang dapat meningkatkan
unsur alkali dan akan tetap mempertahankan sistem distribusi tradisional dengan
lebih mengutamakan pengecer-pengecer khusus dari pada membuka penjualan secara
massal lewat supermaket-supermarket. Dalam waktu 2 tahun, saham pasar Eveready
menjadi 65%. Dengan menggunakan teknologi baru dan tekni-teknik distribusi
massal, Duracell pendatang baru telah mencapai 22%.
·
Petualangan
yang agresif. Dimulai pada awal tahun 1960-an
produsen-produsen mobil jepang dengan tepat mengantisipasi bahwa strategi
kumulatif mereka untuk menyelubungi pasar mobil negara-negara Eropa dari
negara-negara yang tidak akan dicegah oleh pesaing ataupun pemerintah Eropa samapai
petualangan agresif duselesaikan dengan tuntas.
UNSUR-UNSUR
STRATEGI HAMBATAN YANG EFEKTIF
Empat
kunci dasar yang ada dalam semua strategi hambatan yang efektif, baik dalam
perang maupun dengan bisnis:
1. Kredibilitas
2. Kapabilitas
3. Komunikasi
4. Rasionalitas
KREDIBILITAS
Kredibilitas berarti
sebuah perusahaan yakin terhadap pesaing, tujuan-tujuannya dilanjutkan atau
mempertahankan posisi pasarnya, perusahaan tersebut berkeinginan untuk
meniadakan kerugian perusahaan. Pesaing juga berusaha untuk menghindarkan diri
dari hambatan-hambatan. Jika perusahaan yang kedua bersedia menerima resiko,
hal itu jelas tidak dianggap ancaman karena dapat dipercaya.
Texas instrumen (TI)
berhasil memanfaatkan kredibilitasnya untuk memenangkan pertanrungan suplai
dimasa akan datang. Dalam tahun 1981 TI mengumumkan suatu harga chip random
access memori (RAM) dari suku cadang yang akan dipasarkan dalam tahun 1983.
Dalam tempo satu minggu Bowmar menawrkan suatu harga lebih murah untuk chip RAM
dengan karakteristik yang sama. Tiga minggu kemudian Motorola mengikuti, bahwa
dengan harga yang lebih rendah. Dua minggu setelah penawaran Motorola, TI menawarkan harga baru satu setengah dari
harga yang ditawarkan Motorola. Karena kredibilitasnya yang telah terbukti sebagai produsen dengan
biaya paling murah dari harga suku cadang, TI menang dalam pertarungan, bahkan
hal itu terjadi sebelum produk dibuat.
Sebaliknya,
pada tahun 1970, Fokker, pabrik kerangka pesawat terbang Belanda, memberi tanda
kepada penerbangan Inggris (British Aerospace=Bae) bahwa Fokker tidak dapat
mentoleransi pesawat HS-146 yang diproyeksikan oleh penerbagangn Inggris (BA)
yang disaingi langsung oleh pesawat F-28 jenis short-haul jet airline buatan
Fokker. Fokker memberi indikasi lebih dari 40% dari biaya baik jenis F-27
maupun F-28 yang dipasok oleh perusahaan-perusahaan inggris dan kedua kontrak
akan menghadapi resiko jika proyek HS-146 muncul dari dulu. Perusahaan
penerbangan inggris (Bae) dengan tepat mengukur bahwa ancaman itu tidak dapat
percaya. Biaya untuk mendisain kembali, mengganti peralatan, dan mengeluarkan
kembali sertifikat bagi kedua pabrik Fokker dengan tidak menggunakan peralatan
buatan inggris akan dihalangi. Proyek mengumumkan penghentian produksi produksi
pesawat F-28 dan mulai mengembangkan pesawat F-100 yang lebih besar. Perusahaan
(Bae) mulai mengirimkan pesawat HS-146 kepada pembeli-pembeli ternama, termasuk
Wisconsin, Aspen, dan PSA.
KAPABILITAS
Suatu perusahaan menggunkana
kapasitasnya, bila menyakinkan pesaing, yang juga menghendakinya demikian, perusahaan
tersebut mempunyai alat dan sumber untuk menghindari ancaman.
Karena kenaikan biaya awal
yang tinggi dan keterbatasan pembeli, IMS telah mampu mencegah pesaing memasuki
pasar audit farmasi dan rumah sakit untuk produk-produk obat secara meluas.
Dipihak lain, A. C. Nielsen yang menempati posisi yang menentukan dalam pasar
pedangan besar penjualan televisi di AS, tidak mampu mencegah persaingan.
Selain kesan keberanian teknologi Nielsen, menggunakan penanganan dan analisis
data istimewa yang inovatif dan warisan dari data historis, ABG dari UK, Time’s
Sales Area Marketing, McGraw-Hills Data Resource, dan Control Data’s Arbitron
Subsiadiaries, tidak dapat dicegah oleh kapabilitasnya. Semua berhasil
menerobos pasar dari Nielsen.
KOMUNIKASI
Suatu perusahaan menggunakan
komunikasi untuk mengetahui dengan jelas tanda pesaing dari perhatiannya untuk
tujuan lebih jauh atau usaha mempertahankan posisinya, dan hal itu membuat
pesaing waspada terhadap keuntungan dari bekerja sama dan pukulan-pukulan yang
mungkin muncul akibat tidak dapat menyesuaikan diri.
Boeing berhasil menggunakan
komunikas-komunikasi hambatan untuk menghindarkan kontes-kontes fisik dengan
bentuk pesawat lainnya dengan pabri-pabrik kerangka pesawat di atas pesawat
747-nya. Pengembangan biaya untuk 747, sebaiknya $2 miliar, telah merupakan
pendanaan swasta paling besar dari pesawat jet sipil. Pada akhir tahun 1960-an
permintaan terbatas bagi pengembangan inter kontinetral dengan kapasitas 350
atau 400 tempat duduk. Mengembangkan besar, pesawat yang mahal dengan jumlah
penjualan dengan batas tertentu akan merupakan tindakan bunuh diri ekonomis
untuk pabrik-pabrik pesawat terbang lainnya. Sejak perkenalannya tahun 1970,
Boeing 747 tersisa tanpa adanya pesaing langsung.
Sebalinya, pabrik-pabrik
truk AS dalam periode tahun 1979 sampai 1981 tidak berhasil mengkomunikasikan
operasi yang buruk secara ekonomi dan margin rendah dari pasaran truk ukuran
menengah di AS. Oleh sebab itu, mereka tidak dapat menahan masuknya pasar oleh
Daimler-Benz, IMAC, Renault, dan Volvo. Situasi ekonomi di Eropa mengakibatkan
pabrik-pabrik ini menghadapi masalah-masalah yang sebenrya di dalam pasar
mereka dan pandangan AS sebagai cara mengatasi tekanan permintaan. Karena
ketidakefektikan komunikasi, industri AS dipaksa melawan permintaan penambahan
pesaing-pesaing baru dalam pasar truk yang lemah.
RASIONALITAS
Suatu perusahaan, meskipun
bertindak dengan sewenang-wenang dan tidak berbalasan, menggunakan
rasionalistas untuk menghindari timbulnya emosidi pihak pesaing. Perusahaan
tersebut menempatkan pesaing pesaing pada dalam posisi yang tidak
menguntungkan, menghindari pembatasan keuntungan kerjasama, selanjutnya pesaing
tidak dibujuk untuk bertindak secara rasional, beralasan, dan objektif.
Meskipun secara rasionalitas merupakan kunci strategi hambatan yang efektif,
kenyataanya pesaing-pesaing yang potensial tidak selalu bertindak rasional.
Perkenalan
jenis Displaywriter dari wordprocessor oleh IBM id pertengahan tahun 1980
seluruhnya tidak memaksa 21 pesaing untuk berbuat secara rasional ketika
berhadapan dengan produk yang superior dan kekuatan dari penjualan dan
pelayanan organisasi IBM. Beberapa peusahaan membalas dengan memperkenalkan
model-medel yang baru, lebih baik, dan tidak mahal sebagai tanggapan langsung.
Peusahaan-perusahaan lain menghadapinya dengan margin kemerosotan profit dan
volume, berbuat secara rasional dan mencari marger atau meninggalkan pasar.
RANCANGAN
STRATEGI HAMBATAN
Strategi-strategi hambatan
dalam bisnis terdiri dari sejumlah pemasaran, produksi, finansial, teknologi,
dan bagian-bagian strategi yang bersifat managerial yang dirancang untuk
mencegah pesaing-pesaing dari usaha meningkatkan ekuilibrium pasar.
Strategi-strategi ini dengan jelas menciptakan garis-garis pemisah terhadap
pasar dan membangkitkan hambatan-hambatan untuk memperoleh keuntungan.
HAMBATAN-HAMBATAN
PEMASARAN
Distribusi. Perusahan-perusahaan Jepang
telah berhasil menggunakan sistem distribusi yang kompleks di Jepang untuk
mecegah mendesak pesaing yang potensial untuk melakukan distribusi mereka
sendiri. Di pihak lain, pesaing menggunakan sistem lokal atau bergabung dengan
Jepang. Strategi ini menghasilakn lapisan biaya-biaya lain bagi pesaing asing
untuk menyerap dan menggeser perusahaan baru dari kontak langsung dengan
pembeli. Karena itu perusahaan-perusahaan asing kurang mempunyai biaya saing
dibandingkan dengan mitra dagang Jepang meraka.
Promosi. Ciri yang khas dari Procter dan
Gamble di AS adalah kuat iklannya dan besar anggaran promosinya. Dalam tahun
1981 Procter dan Gamble menghabiskan lebih dari $500 juta untuk publikasi
saja. Penggunaan dari anggarannya untuk membeli dan mempertahannkan kegiatan
saham pasar merupakan hambatan yang kuat terhadap banyak perusahaa-perusahaan
yang mencari kesmpatan atau menambah saham di pasar yang didomonasi oleh
barang-barang. P&G.
Izin usaha. Setalah beberapa tahun
Hewlett-Packard (H-P) membangun reputasi yang kuat bersama perusahaan industri
yang terkenal seperti Boeing dab General Motors dengan mensuplai alat-alat tes
dan pengukuran elektronik kualitas tinggi. Reputasi H-P diantara beberapa
perusahaan telah cukup dapat menghalangi mereka dari membeli komputer-komputer
mini yang merupakan saingan, sebaliknya mereka membeli model-model H-P dari
perusahaan yang mereka kenal dan dipercayai.
Hubungan-hubungan pembeli. Pada tahun
1960-an IBM mengumumkan 370 seri komputernya jauh dan luas. Dua sampai tiga
tahun sebelumnya ke-370 seri tersedia secara komersial., IBM menjanjikan bahwa
hal itu akan mencapai tingkat prestasi yang jauh melebihi pesaing-pesaing
mereka. Produk ini merupakan hambatan bagi pembeli-pembeli membeli
komputer-komputer pesaing yang mendorong mereka untuk menunggu ke-370 seri yang
baru yang lebih tinggi.
Pelayanan. 92% saham pasar meteran yang
dimiliki oleh perusahaan Pitney-Bowes di AS merupakan peranan dari kekuatan
tenaga pelayanan dari penjualan yang jumlahnya 7500 orang yang mengunjungi
perusahaan-perusahaan kecil. Di samping dorongan dari departemen kehakiman AS,
beberapa perusahaan ingin memasuki pasar yang terlalu didominasi oleh produk
suatu perusahaan dan kekuatan tenaga penjualan dan jasanya.
Kualitas. Mengikuti penarikan diri dari
TWA dalam pertengahan tahun 1970-an, keberhasilan penerbagan Swiss menghambat
AS didasarkan atas pilot-pilot dari perpesaing yang mendatangkan keuntungan
pada jadwal penerbangan rute Swiss-AS. Penerbangan Swiss mwngalahkan kemampuan
psaing-pesaing dengan keterampailan dalam mempertahankan harga, dan menawarkan
keistimewaan pelayanan dalam pesawat.
Harga. Dalam pasar lensa kontak (soft
contact lens) di AS, Brsuch dan Lomb menghalangi pesaing dengan melakukan
perununan harga secara drastis dan memperluas jaringan distribusi. Perusahaan
itu melakukan perubahan dalam produk dari keistimewaan menjdi barang-barang
yang berdifat sensitif dalam harga untuk pasar yang sifat masal. Pesaing
umumnya peusahaan-perusahaan kecil yang secara finansial tidak mampu
menyesuaikan dengan perubahan situasi ekonomi pasar dan sistem distribusi yang
baru. Dengan demiakian, mereka mencari pembeli-pembeli-pembeli untuk
perusahaan-perusahaan mereka.
HAMBATAN
PRODUKSI
Kapasitas.
Dengan
meningkatkan kapasitas produk untuk menyesuaikan permintaan dunia,
Hoffmann-LaRoche berhasil menghalangi keberadaan dan potensi pesaing dalam
pemasaran vitamin C besar-besaran. Dengan menciptakan sesuatu yang menghantui
pemasok dengan biaya terendah yang mampu menyesuaikan dan menang dalam
pertarungan harga, demikian juga menakut-nakuti pesaing dengan mengatakan bahwa
banyak yang menarik diri dari pasar. Pada tahun 1980 Hoffmann-LaRoche telah
menguasai 60% dari pasaran untuk vitamin C.
Pemanfaatan.
Deregulasi
di perusahaan penerbangan di AS yang dilakukan dengan baik oleh beberapa
perusahaan angkutan Regional seperti Piedmont, Southwest, dan penerbangan AS
meningkatkan kapasitas dengan menambah frekuensi rute penerbangan, untuk
menghalangi persaingan. Oleh sebab itu, penerbangan yang banyak mempunyai
pesawat memperoleh saham penerbangan yang tidak seimbang dan faktor muatan
menentukan tingkat keuntungan, banyak perusahaan-perusahaan penerbangan baru
dihambat dalam persaingan untuk mendapatkan rute yang didominasi oleh Piedmont,
Southwest dan penerbangan AS.
Perlengkapan.
Kodak
monopoli film untuk kamera Disc yang baru memaksa perusahaan-perusahaan
pembrosesan film yang membeli secara khusus, yang prosesnya relatif lebih mahal
dari kodak atau membuat sendiri perusahaan film pembrosesan Disc dengan bantuan
Kodak. Kedua car, dengan menghambat langsung perpesaing. Kodak tetap dapat
memperoleh posisi keuntungan yang dalam bisnis pemrosesan film Disc.
HAMBATAN-HAMBATAN
FINANSIAL
112.5 Biaya. Oleh sebab tingginya biaya partisipasi, terjadi perusahaan
semi konduktor berhasil menghalangi pesaing baru untuk memasuki industri. Pada
awal tahun 1970-an, sarana untuk mendirikan pabrik baru mencapai biaya $5
juta. Pada tahun 1982 sebuah pabrik pabrik memajukan biaya chip VLSI 64k RAM
antara $60-120
juta, benar-benar merupakan pengeluaran yang tinggi bagi pesaing baru.
Ekonomi. Federal express adalah
perusahaan jasa angkutan di AS yang paling maju dalam tingkat biaya rendah.
Pelayanan surat malam hari dari Federal Express telah dilaksanakan tahun 1981
dengan harga yang lebih rendah dengan maksud memperoleh keuntungan atas jumlah
jual dalam periode dua belas tahun. Karena sukar mendapatkan uang ketika
menghadapi pesaing dengan biaya terendah yang menggunakan biaya marginal dan
penetrasi harga, pesaing dihalangi memasuki pasar surat malam hari.
HAMBATAN
TEKNOLOGI
Inovasi.
Hampir
semua perusahaan menghadapi hambatan dalam memasuki industri farmasi, kecuali
perusahaan-perusahaan baru terbesar. Resiko tinggi jumlahnya produk yang mencapai pasar adalah
kecil. Siklus bisnisbejalan lama – waktu yang diperlukan untuk pemasaran
rata-rata 12 tahun. Biaya tinggi – biaya yang pengembangan sekitar $50-100
juta per barang. Sebenarnya, dengan sanggahan dari Janssen dan Syntex, tidak
ada perubahaan baru dalam pasar obat-obatan telah berhasil menjadi perusahaan
farmasi ukuran sedabg dalam 30 tahun terakhir.
Informasi. Untuk mempersiapkan diri
mengejar waktu pesaing yang ingin memasok peralatan perlengkapan ke dalam komputer-komputer
baru IBM, IBM dipercaya untuk menunda menghilangkan spesifikasi produk baru.
Kebijaksanaan ini menghambat respon langsung dari usaha keras gabungan para
pesaing.
HAMBATAN
MANAJERIAL
Akuisisi.
Perusahaan-perusahaan
melakukan hambatan baik integrasi secara vertikal maupun horizontal. Dengan
melakukan integrasi kembali, perusahaan dapat melakukan pengendalian kelebihan
produksi dan sumber pemasok. Tube Investment didalam U.K melakukan integrasi kembali
dengan memberi pabrik-pabrik baja ketika pertama kalinya diswastakan tahun
1953. Tube Investment menghambat pesaing dengan menjamin bahan baku dan
keuntungan-keuntungan yang diperoleh oleh pemasok terdahulu. Dengan melakukan
integrasi yang berikutnya, suatu perusahaan dapat mengamankan pengcendalian
distribusi atau manfat-manfaat lainnya. Genentech, perusahaan yang unggul dalam
biotegnologi, melakukan integrasi lebih lanjut dari penelitian terhadap
produksi. Dengan pembatasan pemindahan dari pengetahuan tentang pemurnian
unsur-unsur yang kritis akan menghalangi klien-klien sekarang menjadi pesaing
untuk masa yang akan datang.
Dalam integrasi horizontal,
perusahaan-perusahaan berusaha mengendalikan dari pesaing. Di AS, pasar
perusahaan-perusahaan makanan cepat tersedia (fast-food) mencari kesempatan
pertam untuk memilih tempat-tempat penjualan baru untuk menghalangi
perusahaan-perusahaan fast-food lainnya membuka tempat penjualan yang dapat
bersaing. Semua strategi-strategi mempunyai potensi untuk menolak menambah daya
saing terhadap bahan-bahan baku, keterampilan, dan langganan. Dengan demikian,
mereka dapat menjadi penghambat-penghambat yang kuat.
Peleburan
perusahaan. Dalam tahun 1983 Thomas-Brandt dari Perancis
memperoleh 75% televisi dan rekaman video tape dari r AEG-Telefunken.
Penggabungan meliputi 25% dari jerman barat dan 20% dari pasar TV berwarna
Eropa dan 10% darirekaman video tape Jerman Barat. Strategi Thomas-Brandt
dirancang untuk mengmbangkan konsumen elektronik group yang besar di Eropa dengan
penjualan $2,6 miliar pada tahun 1982, suatu kekuatan yang mampu mengalahkan
hambatan dari penetrasi Jepang ke pasar barang-barang konsumsi elektronik.
Gabungan.
Tidak satupun dari tiga industri mesin jet aero yang terkenal General Electrik
(GE), Pratt and Whitney (P&W), dan Roll-Royce- berkeinginan membiayai sendiri
pengembangan minyak mesin yang efisien yang baru untuk memberi daya terhadap
pesawat terbang dengan 15 tempat duduk. Perkiraan biaya pengembangan sebesar
$1,5 miliar. Tetapi tak satupun mempunyai prospek mampu bersaing menghadapi dua
industri lainnya untuk pasar yang sama.
Masing-masing perusahaan berusaha membentuk gabungan dengan
perusahaan-perusahaan kecil (GE dengan snecma; P&W dengan MTU dan Fiat;
Roll-Royce dengan Kawasaki, Mitsubishi, dan IHI) didalam usaha menghambat yang
lainnya untuk masuk pasar.
Pada awal tahun 1983 Pratt
& Whitney membentuk konsorsium dengan Roll-Royce. Bersama-sama dengan MTU
dan Fiat, Pratt & Whitney akan merancang dan membuat gearbox dan turbin. Roll-Royce dan mitra dagang Jepang, kemudian
membuat kipas dan kompersos untuk mesin baru.
MANFAAT
DARI HAMBATAN
Strategi-strategi hambatan
dalam bisnis berusaha menciptakan stabilitas dengan mendorong kebijaksanaan
pada pesaing. Dari pada menunjukkan reaksi secara langsung yang dapat
menimbulkan kehancuran satu sama lain, stabilitas itu tercermin dalam kemanpuan
mereka mengatasi kerugian-kerugian satu sama lain yang tidak diharapkan dalam
kasus-kasus yang paling buruk dalam situasi yang bermusuhan, kehilangan lebih
bagi penantang. Menghambat pesaing secara efektif, sebuah perusahaan harus
menunjukkan kredibilitas dan kasus yang jelas. Perusahaan itu harus menyakinkan
pesaing bahwa tantangan-tantangan pencapaian keseimbangan pasar dapat dicapai,
dan bahwa dalam keadaan tertentu,
tantangan tidaklah merupakan kepentingan bagi penyerang dalam jangka panjang.
Jika sebuah perusahaan tidak dipersiapkan untuk bertarung dalam pertarungan di
pasar, perusahaan it tidak dapat memperlakukan perusahaan lain secara rasional
atau dapat dipercaya, dan daya tahannya sendiri akan terganggu jika perusahaan
itu melibatkan diri dalam suatu strategi hambatan.
Faktor paling kritis dalam
strategi hambatan adalah ukuran kemampuan-kemampuan dan keinginan dari
penantang. Karena informasi lengkap tidak pernah bisa diperoleh, proses ini
tidaklah terlalu dapat dipastikan. Kemampuan dalam pandangan manajemen,
produk-produk dan sumber-sumber terus menerus berubah dan tidak semuanya dapat
dilihat. Namun demikian, meraka dapat tentukan dengan beberapa tingkat sasaran.
Tujuan merupakan wujud pemikiran dan dapat diukur hanya dengan car subyektif. Pengukuran
keinginan berarti menduga keinginan-keinginan dan tujuan-tujuan pesaing dan
temperamen dari manajemen.
Perusahaan-perusahaan sering
kali tidak menyadari hal ini, lagi pula unsur-unsur fisik, konflik pasar
mempunyai dimensi psikologi. Untuk mampu meramalkan dan melakukan serangan
balik secara efektif merupakan tugas strategi secara umum. Bisnis, tidak
seperti kemiliteran, melakukan sedikit penelitian untuk mengetahui
keinginan-keinginan dari manajemen yang disaingi dan pelaku psikologinya. Namun
suatu studimemberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk menggunakan
kemampuan sepenuhnya untuk memerang penantang.
Sebagaimana
telah dikemukakan, strategi-strategi hambatan telah berhasil dengan baik dalam
menghindarkan pertarungan yang saling menghancurkan dalam pasar. Mereka
memungkinkan perusahaan-perusahaan menang tanpa menunjukkan kelemahan secara
fisik dari sumber-sumber dalam pasar.
TUGAS INDIVIDU BAB 10
(Manajemen Pemasaran)
HAMBATAN
SEBUAH STRATEGI YANG BERGUNA (BARRIE G JAMES)
(303 G3 213)

Oleh
:
MUSLIMIN
G211
12 012
PROGRAM
STUDI AGRIBISNIS
JURUSAN
SOSIAL EKONOMI PERTANIAN
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
HASANUDDIN
MAKASSAR
2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar