Senin, 09 Februari 2015

INDAHNYA KEBERSAMAAN

INDAHNYA KEBERSAMAAN
            Keluarga saya adalah seorang petani yang setiap hari selalu berada di sawah. Peralatan yang paling berharga dalam petani adalah cangkul dan mesin traktor. Alat tersebut digunakan untuk membajak lahan sawah sebelum ditanami padi. Saya memiliki tiga saudara laki-laki dan satu perempuan, selama saya masih tinggal dirumah bersama keluarga saya sering ikut membantu saudara saya di sawah walaupun hanya membantu pada hari libur sekolah, itupun saya sangat senang walaupun Cuma satu atau dua hari saja. Saya biasanya berangkat jam 07.00 bersama keluarga saya dan pulang pada jam 05.00 sore, hal yang paling saya sukai pada saat membajak lahan sawah dengan mesin traktor karena saya melihat pekerjaan tersebut merupakan hal yang paling berat dalam mengolah lahan sawah dan menantang bagi saya sendiri. walaupun satu hari bersama keluarga saya itu merupakan hari yang sangat berharga dalam hidup saya dan kenangan yang tidak penah kulupakan seumur hidupku.
            Karena peralatan yang digunakan masih manual dan sederhana dibandingkan sekarang ini peralatan yang digunakan oleh petani serba moderen, canggih mulai dari mengolah lahan sawah sampai pasca panen. Warga di desa kami bekerja secara gotong royong dalam proses penanaman tanaman padi. Bila diartikan secara langsung, ini berarti mengambil tenaga. Keluarga saya berpindah-pindah bekerja di sawah orang lain, kemudian pada suatu waktu, bekerja disawah kami.
            Saya pernah membaca buku tentang indahnya kebersamaan dalam buku ‘’Life Lesson’’ dalam buku 57 Pilihan Hidup yang ditulis oleh Jonar S. Dalam buku tersebut menceritakan hal yang paling menarik dari pekerjaan petani adalah mencangkul, yang dalam bahasa Batak disebut mengombak, di mana setiap kelompok terdiri dari 4-7 orang. Tali atau gagang cangkul bentuknya panjang. Mencangkul dilakukan bersama-sama. Mereka harus serentak mengangkat cangkul dan membalikkan tanah yang dicangkul. Model kerja seperti ini disebut mengombak mangarapat, yang berarti menyangkul secara merapat. Jangan ada yang sampai berhenti. Jika seorang berhenti, semuanya akan berhenti.
            Luar biasa!!! Hasil cangkul pun cukup meskipun tentunya tidak seluas tenaga mesin. Rasanya asyik waktu mengerjakan ini. Terlihat kekompakan satu sama lain. Tenaga yang dikeluarkan pun tidak terlalu berat. Karena kompak, pekerjaan yang dilakukan pun tidak terasa terlalu melelahkan.
            Ketika mencangkul sendirian, hasilnya jauh berbeda. Tanah yang dicangkul bersama-sama pun nampak lebih rapi dan lebih baik. Tanah yang dicangkul itu langsung terbalik dalam posisi memanjang sesuai dengan jumlah orang yang mencangkul.
            Dari cerita tersebut kita mengetahui bahwa kerja sama akan membawa hasil yang lebih besar. Mustahil dikerjakan satu orang saja, tetapi akan berhasil dengan kerja sama. Ada peribahasa yang mengatakan bahwa ‘’ Bersatu kita teguh, bercerai kita berantakan’’. Dalam kebersamaan semua orang adalah penting. Segala bentuk keegoisan harus dilakukan.
            Begitupun dengan organisasi kerja sama merupakan salah satu faktor penentu untuk mencapai tujuan organisasi. Mustahil kalau tanpa kerja sama satu sama lain organisasi dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Maka dari itu kebersamaan dan kerja sama adalah awal dari keberhasilan untuk mencapai tujuan organisasi. Terkadang dalam organisasi banyak masalah-masalah yang di hadapi khususnya pada mahasiswa yang individualisme yang tidak mau bekerjasa sama dengan orang lain atau dengan kata lain tidak mempercayai anggotanya, maka organisasi itu tidak akan mencapai tujuan yang maksimal. Mustahil organisasi yang mencapai titik puncak maksimal tanpa kerja sama dengan anggotanya.
            Bunda Theresa pernah mengatakan,’’ Saya mampu melakukan hal yang tidak mampu anda lakukan. Anda mampu melakukan hal yang tidak mampu saya lakukan. Bersama-sama kita mampu melakukan hal-hal yang besar’’. Dalam dunia usaha dikenal istilah’’network’’, yaitu kita harus menjalin kerja sama dengan orang lain sehingga mendapat hasil yang lebih besar. Tidak ada prestasi besar yang diraih oleh satu orang. Ketika seseorang mendapatkan pernghargaan atas segala upayanya, sering disebutkan bahwa keberhasilannya adalah peran serta berbagai pihak. Itulah kenyataannya. Manusia adalah makhluk sosial.
            Mari kita renungkan sejenak kursus singkat hubungan antar manusia berikut :
·         Kata yang tidak penting adalah SAYA
·         Kata yang paling penting adalah KITA
·         Dua kata yang paling penting adalah TERIMA KASIH
·         Tiga kata yang paling penting adalah SEMUA SUDAH DIMAAFKAN
·         Empat kata yang paling penting adalah BAGAIMANA MENURUT PENDAPAT ANDA
·         Lima kata yang paling penting adalah ANDA TELAH MELAKUKAN PEKERJAAN HEBAT
·         Enak kata yang paling penting adalah SAYA INGIN LEBIH MEMAHAMI DIRI ANDA

SEMOGA BERMANFAAT KHUSUSNYA SAYA PRIBADI

Muslimin

Fakultas Pertanian Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar